فعالية وكفاءة تعلم اللغة العربية من جانب الكلام في منهج 2013 لدى طالبات الصف 12 في المدرسة الت بية الإسلامية باسي
فعالية وكفاءة تعلم اللغة العربية من جانب الكلام في منهج 2013 لدى طالبات الصف 12 في المدرسة الت بية الإسلامية باسي
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi pembelajaran
bahasa arab dari segi berbicara dalam kurikulum 2013 oleh santriwati kelas 12 di
MTI Pasir, kemampuan santriwati dalam berbicara dengan bahasa arab serta
faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas dan efisiensi tersebut. Penelitian ini
menjadi tolak ukur untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi penguasaan
kemampuan berbicara dalam bahasa arab melalui pembelajaran bahasa arab.
Karena kemampuan berbicara bahasa arab merupakan salah satu elemen penting
dalam pelajaran bahasa arab di pondok pesantren. Penelitian ini merupakan
penelitian lapangan dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan
mengambil subjek di MTI Pasir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
(1)Pembelajaraan bahasa arab kurikulum 2013 dari segi berbicara oleh santriwati
kelas 12 di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Pasir belum efektif dan efisien.
(2)Santriwati bisa melakukan percakapan dasar dengan bahasa arab sesuai dengan
kaedah bahasa arab yang benar di kehidupan sehari-hari, tetapi mereka tidak
banyak mempraktekkannya di sekolah. (3)Faktor yang mempengaruhi efektifitas
dan efisiensi pembelajaran bahasa arab kurikulum 2013 oleh santriwati Madrasah
Tarbiyah Islamiyah Pasir yaitu faktor guru, faktor murid, dan faktor sarana dan
prasarana