قدرة التلاميذ على فهم كتاب "ثمرة الجنية" وأثره في إنجازهم على درس اللغة العربية
دراسة الحالة في معهد العناية للتربية الإسلامية بجيرانج إلير تشلوجون-بنتن سنة (2013/2014)
Abstrak
Salah satu literatur yang meliputi aturan-aturan tata bahasa Arab, termasuk sintaksis dan morfologi, adalah buku "Thamarat al-Janiyah". Penulis menemukan bahwa literatur tersebut dipelajari di Pondok al-Inayah, di mana siswa-siswa mempelajarinya setiap malam Selasa. Proses pengajaran dan pembelajaran melibatkan guru yang membacakan isi buku tersebut, sedangkan siswa-siswa menulis apa yang telah dibacakan guru dari segi makna atau terjemahan, yang kemudian dijelaskan kepada mereka sambil mereka mendengarkan dan mencatat. Dalam hal ini, siswa-siswa memiliki kemampuan pemahaman yang berbeda terhadap literatur tersebut, ada yang memiliki pemahaman yang sangat tinggi dan ada pula yang rendah. Penyimpangan kemampuan siswa-siswa ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor eksternal, seperti faktor sosial dan budaya, serta faktor-faktor internal, seperti faktor fisik dan spiritual, atau mungkin juga dipengaruhi oleh kecenderungan individu dan faktor-faktor lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan siswa-siswa dalam memahami isi buku "Thamarat al-Jinnah" serta pencapaian mereka dalam pelajaran bahasa Arab, dan juga untuk memahami hubungan antara kemampuan siswa dalam memahami buku tersebut.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##