ANALISIS METODE PEMBELAJARAN IMLA’ PADA SMP-IT PERGURUAN ISLAM DAARUL MUWAHHIDIN KAB. TANAH DATAR

ANALISIS METODE PEMBELAJARAN IMLA’ PADA SMP-IT PERGURUAN ISLAM DAARUL MUWAHHIDIN KAB. TANAH DATAR

  • PUTRI HARDIYANTI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode yang dipergunakan dan hambatan-hambatan yang dihadapi guru bidang studi bahasa Arab di SMP-IT Perguruan Islam Daarul Muwahhidin Kab. Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif  karena bersifat deksriptif untuk mengelola data, baik dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga mendapatkan diskripsi yang jelas tentang setiap peristiwa, aktivitas kerja, konsep-konsep kerja maupun hal-hal lain yang terkait dengan metode pembelajaran apa yang dipergunakan guru SMP-IT Perguruan Islam Daarul Muwahhidin Kab. Tanah Datar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ternyata pembelajaran imla’ di sekolah ini tidak ditempatkan pada mata pelajaran khusus, akan tetapi digabungkan dalam satu mata pelajaran pendidikan bahasa arab. Metode pembelajaran bahasa Arab yang dipergunakan guru bidang studinya adalah metode hiwar, metode mufradat, metode menghafal, fahmul maqru’ dan metode imla’. Dari lima metode pembelajaran bahasa Arab yang dipergunakan guru bahasa Arab di SMP-IT Perguruan Islam Daarul Muwahhidin Kab. Tanah datar ini, pada dasarnya berjalan dengan baik, sekalipun masih memerlukan penyempurnaan karena terdapat beberapa hambatan yang dihadapi baik guru bidang studi ataupun siswa, khususnya dalam aspek pembelajaran imla’, hal ini disebabkan karna ketidak biasaan siswa dalam menulis bahasa arab secara benar, dan kesulitan dalam memahami teks lewat pendengaran, kurangnya perbendaharaan kata, serta minimalnya sarana dan prasarana penunjang.

Kata kunci: metode pembelajaran, Imla’, Bahasa arab

Diterbitkan
2022-06-30