Analisis Kesalahan Menulis Bahasa Arab Menurut Kaidah Imla Pada Siswa Madrasah Aliyah

  • Wahyu Wahyu

Abstract

Kaidah imla merupakan suatu kaidah yang mengatur tata cara penulisan Bahasa Arab. Penelitian di latar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan bahwa masih banyaknya kesalahan dalam menulis Bahasa Arab pada siswa madrasah Aliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan dalam menulis Bahasa Arab menurut kaidah imlā pada siswa kelas XII Madrasah Aliyah Asaasuttarbiyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dalam pengolahan datanya serta menggunakan analisis kesalahan dalam analisisnya. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Bentuk-bentuk kesalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kesalahan dalam menulis hamzah, kesalahan dalam menulis huruf hijaiah, kesalahan pada penulisan tanwin, kesalahan pada penulisan alif lam syamsiyyah, kesalahan pada penulisan alif lam qamariyyah, kesalahan penggunaan huruf ta, kesalahan pada penulisan hamzah waṣal, kesalahan pada penulisan hamzah qaṭa, kesalahan pada penulisan hamzah mutawassiṭah, kesalahan pada penulisan hamzah mutaṭarrifahh, kesalahan pada penulisan hamzah pada kata ibn dan ibnah, serta kesalahan penulisan pada alif layyinah mutaṭarrifah. Faktor penyebab kesalahan menulis Bahasa Arab adalah minimnya pengetahuan siswa tentang kaidah imla, minimnya pembendaharaan kosa kata Bahasa Arab, serta minimnya pengetahuan tentang makharijul huruf.

Published
2025-03-10