ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB MI KELAS II KARYA ABD. ROKHIM, DKK. PENERBIT ERLANGGA
Main Article Content
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kelayakan buku ajar terbitan Erlangga dengan kriteria buku ajar menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis studi kepustakaan dalam penggalian data. Metodelogi dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahap, yakni: 1) menganalisis buku siswa Salam 5in1 kelas II MI, 2) menyusun instrumen kriteria buku ajar menurut BSNP, 3) Pengumpulan data relevan, mengelompokkan data, memberi penilaian, dan penjelasan dalam naratif. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kelayakan isi materi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian materi dan kelayakan grafik secara masing – masing memiliki nilai yaitu kelayakan isi materi dengan rata – rata nilai 62,2%, kelayakan bahasa dengan rata – rata nilai 77,1%, kelayakan penyajian materi dengan rata – rata nilai 63,0% dan kelayakan grafik dengan
nilai 77,7% Maka secara keseluruhan nilai kelayakan buku ajar ini adalah 68,9. Adapun Keterangan nilai pada butir penilaian: 1 (Tidak Layak), 2 (Kurang Layak), 3 (Cukup Layak), 4 (Layak) dan 5 (Sangat Layak. Sedangkan untuk hasil penilaian instrumen adalah 0-20 (Tidak Layak), 21-40 (Kurang Layak), 41-60 (Cukup Layak),61-80 (Layak) dan 81-100 (Sangat Layak). keseuaian buku ajar Salam 5in1 ini menurut BSNP memperoleh kriteria layak untuk dipakai sebagai bahan ajar dengan skor nilai 68,9 dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat.