Main Article Content

Muhammad Rifqi
Bagus Haziratul Qodsiyah

Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang metode modern dalam pembelajaran bahasa Arab yang terkenal saat ini di lingkungan pondok Pesantren, Sekolah dan Perguruan Tinggi dari sisi hakikatnya, kelebihan dan kekurangannya. Artikel ini termasuk kedalam jenis artikel deskriptif kualitatif komparatif antara metode-metode pembelajaran bahasa Arab bagi orang Arab asli ataupun non Arab. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik library research, baca dan catat. Dalam artikel ini Peneliti berusaha untuk mendeskripsikan dan menganalisa metode-metode pembelajaran bahasa Arab yang digunakan, disertai dengan langkah-langkah dari setiap metode yang digunakan, kelebihan dan kekurangan dari metode tersebut hingga kesulitan dan problem yang menjadi penghalang dari suksesnya metode tersebut saat digunakan, khususnya bagi siswa yang non Arab. Hasil artikel ini menunjukan bahwa metode-metode ini terbagi menjadi dua macam; pertama, menginduk pada teori kesatuan, yang condong menyebutkan bahwa pembelajaran bahasa Arab adalah sebauh kesatuan dari berbagai cabang ilmu bahasa, dan tidak terpisahkan (gramatikal, dialog, mendengar dan menulis). Yang kedua dari metode ini menginduk pada teori cabang, yang lebih condong untuk fokus dalam pengukuhan gramatikal bahasa Arab menjadi pembelajaran yang terpisah dari cabang ilmu lainnya, sesuai dengan cara kitab-kitab turats seperti matan al-Ajurumiyyah dan Nadhom Alfiyah Ibn Malik. Diantara metode-metode modern ini ada empat metode yang masyhur; yaitu  Metode Standar (Qiyasiyyah), Metode Induktif, Metode Modifikasi dari Induktif, dan Metode Integratif. Setiap dari metode ini memerlukan keahlian seorang guru dalam memilih metode yang cocok bagi audiens saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.


Kata kunci: Metode, Gramatikal, Pendidikan Bahasa Arab